Overblog
Editer l'article Suivre ce blog Administration + Créer mon blog
luciedelile.over-blog.com

Pusat Informasi Tips Otomotif Di Indonesia

Tips Aman dan Nyaman Berkendara dengan Si Kecil Kesayangan

Tips Aman dan Nyaman Berkendara dengan Si Kecil Kesayangan

Mengajak anak kecil pada saat mengemudi, untuk sebagian orang merupakan aktifitas yang harus dilakukan. Terutama untuk kaum hawa yang memiliki banyak kegiatan diluar rumah. Bisa dikarenakan tidak ada orang yang mengasuh anak dirumah atau baby sister, atau dikarenakan tidak ingin meninggalkan anak dirumah. Dengan ditemaninya si kecil saat bepergian pastinya akan memberikan suasana yang berbeda.

Akan tetapi, terkadang anak kecil memiliki tingkah yang tidak dapat ditebak sebelumnya. Terutama jika si kecil berumur 2-4 tahun, pastinya suka bergerak aktif. Ia bisa saja berpindah-pindah tempat atau mengutak-utik sesuatu yang ada di dalam mobil. Belum lagi jika si kecil tiba-tiba meminta sesuatu dan harus segera dipenuhi, nyatanya situasinya Anda dalam keadaan  mengemudi.

Dalam mengemudi, pastinya membutuhkan fokus terhadap hal-hal di dekat kendaraan. Hal tersebut diatas bisa saja memecah fokus Anda saat menyetir. Dan hal tersebut cukup membahayakan bagi diri sendiri, si kecil maupun orang lain. Bagaimana caranya supaya tetap aman berkendara dengan si kecil? Ketimbang penasaran, simak ulasan berikut ini mengenai Tips Aman dan Nyaman Berkendara dengan Si Kecil Kesayangan.
 

Pilih posisi duduk yang tepat
Anak kecil tidak cocok duduk dikursi baris terdepan. Alasannya di sisi depan ada airbag atau kantong udara. Ketika ada sesuatu hal terjadi dan tiba-tiba airbag mengembang, hal tersebut dapat mengakibatkan cidera serius pada anak. Tempat duduk terbaik untuk anak ialah di kursi baris ke dua.

Aktifkan fitur child lock
Anak- anak terkadang memiliki tingkah laku yang aktif. Dia akan memegang apapun yang dirasa menarik perhatian, seperti handle pintu sisi dalam. Jika dia menarik handle pintu dengan kuat, pintu dapat terbuka meskipun pintu sudah dalam kondisi terkunci . Tentu hal ini paling membahayakan bagi si kecil. Aktifkan fitur child lock supaya saat handle pintu sisi dalam ditarik, pintu tidak bisa terbuka. Pintu hanya bisa dibuka dari handle pintu sisi luar.

Aktifkan fitur window lock
Fitur power window lock berfungi untuk mencegah kaca pintu bisa dioperasikan dari setiap switch pintu. Ketika fitur ini diaktifkan, dan anak tidak sengaja menekan tombol power window, maka kaca pintu tidak bisa terbuka. Dengan cara ini anak tidak dapat mengeluarkan anggota badan, seperti tangan dikeluarkan dari jendela pintu yang pastinya membahayakan dirinya.

Gunakan fitur isofix
Pada beberapa merk dan jenis mobil keluaran terbaru, saat ini sudah dilengkapi dengan fitur isofix. Terutama pada kursi baris ke dua. Isofix merupakan fitur yang memungkinkan Anda memasang kursi bayi diatas jok mobil dan telah disediakan tempat untuk mengaitkan. Pastikan kursi bayi terpasang dengan benar. Hasilnya, kursi bayi bisa terpasang dengan aman diatas jok. Dan si anak bisa duduk nyaman di kursi yang sesuai dengan ukurannya.

Gunakan safety belt
Jika dalam hal berhubungan dengan keselamatan dan keamanan si kecil, safety belt dipakai untuk mengikat kursi bayi, maka pakai safety belt bawaan dari kursi bayi tersebut. Pastikan pemasangannya sesuai dengan panduan pemakaiannya. Jika si anak memakai tempat duduk boster, maka gunakan safety belt mobil untuk menyangga tubuh dari si anak. Pasangkan safety belt dengan cara menyilang di tubuh dan sesuaikan ketinggiannya, perhatikan, jangan sampai melingkar di leher.


Bawakan kesukaannya
Anak memiliki dunianya sendiri. Termasuk dengan mainan dan makanannya. Sebelum memulai perjalanan, jangan lupa bawakan kesukaan si kecil, sehingga saat dalam diperjalanan dia akan asik dengan dunianya, sehingga ketika Anda mengemudi tidak banyak di ganggu atau disibukkan dengan si kecil. Tetapi yang harus diingat ialah pilih mainan yang ukuran dimensinya tidak terlalu berat atau besar dan tidak membahayakan saat di  dalam perjalanan. Untuk jenis makanan atau minuman, pilih yang mudah untuk dipegang si kecil, dan tidak mudah tumpah.


Demikian Tips Aman dan Nyaman Berkendara dengan Si Kecil Kesayangan yang bisa di sampaikan. Dengan memanfaatkan fitur yang terdapat pada mobil, dan melakukannya dengan benar, maka perjalanan Anda dengan si kecil akan lebih aman dan pastinya menyenangkan. Semoga bermanfaat

 

Partager cet article
Repost0
Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :
Commenter cet article